Posts Subscribe to This BlogComments

cekidot

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, 18 November 2011

CARA/TIPS MEMILIH SEPATU FUTSAL

*ngiikk.. ngeekk..
sedikit curhat ni sebelomnya, bahwa gue lagi pengen banget punya sepatu futsal baru. hehehe
dan mungkin buat lo lo pada yang sehati ama gue, dan mungkin lo btutuh referensi buat memilih sepatu futsal yang baik berikut gue kasih tips-tipsnya

1. Material

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sepatu futsal adalah bahan atau material dasarnya. Sepatu futsal bisa terbuat dari beberapa bahan, seperti kulit, kain (tekstil), dan bahan imitasi.

  • Kulit

Meskipun cukup banyak bahan dasar pembuatan sepatu futsal, bahan dasar kulit, terutama kulit kangguru, masih dianggap sebagai bahan sepatu terbaik. Kelebihan kulit kangguru adalah kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik sehingga nyaman digunakan. Selain kulit kangguru, kulit kerbau banyak digunakan untuk membuat sepatu futsal. Namun, kualitas kulit kerbau masih kalah dengan kulit kangguru.

  • Kain

Bahan rajutan ini biasanya digunakan pada sepatu futsal tipe Sala yang tersedia dalam beberapa merek. Bahan kain memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas atau breathable. Mudahnya pengeluaran panas didukung oleh teksturnya yang berpori.

  • Imitasi

Dibanding bahan kulit dan kain, bahan imitasi cenderung kurang baik durabilitasnya. Bahan imitasi pun mudah sobek, terutama bagian jahitan. Perbedaan yang paling mencolok dibanding bahan kulit dan bahan kain adalah kekakuan bahannya. Ya. Bahan imitasi memang lebih kaku dibanding bahan kulit dan kain.

Selain ketiga bahan yang telah disebutkan, kini banyak diciptakan bahan-bahan pembuatan sepatu futsal, seperti bahan berserat karbon yang ringan dan kuat.
2. Bagian Atas Sepatu

Bagian atas sepatu sebenarnya tidak terlalu penting. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, terutama bagian depan yang paling sering digunakan untuk menendang. Bagian-bagian vital itu harus dipastikan kekuatan dan kenyamanannya. Perhatikan jenis bahan yang digunakan, jahitan, dan bahan pelapis dalamnya.

Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah tempat memasang tali sepatu. Jika model pemasang tali sepatu Anda menyamping, pastikan bagian tersebut tidak mengganggu bagian atas kaki saat digunakan. Lidah sepatu pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan pelapisnya. Misalnya, pelapis berbahan kain atau berbahan busa.

Intinya, Anda harus memilih sepatu yang pelapis lidahnya nyaman digunakan. Bentuk lidah sepatu sebenarnya tidak terlalu penting, baik yang ditekuk ke depan maupun bentuk tradisional. Bedanya, bentuk lidah yang ditekuk akan membuat tali sepatu lebih terlindungi sehingga lebih awet karena jarang bergesekan dengan bola.

3. Bagian Belakang Sepatu

Yang harus diperhatikan pada bagian belakang sepatu adalah penopang tumit. Pastikan penopang tumit sepatu Anda kokoh, tidak mudah bertekuk, bagian sol empuk dan cukup tebal untuk menahan benturan kaki saat berlari. Bagian ini biasanya dilapisi bahan EVA yang empuk dan ringan. Bahkan, beberapa merek ada yang menggunakan peredam khusus pada bagian dalam sol, seperti bantalan udara.

Beberapa model sepatu ada yang menambahkan bahan karet untuk memantapkan akurasi tendangan saat melakukan backheel, mengoper atau menendang menggunakan tumit. Namun, tambahan karet ini tidak terlalu penting dan hanya bersifat sebagi fitur tambahan.

4. Lapisan Dalam dan Sol Dalam

Sepatu yang baik akan menggunakan pelapis dalam berbahan lembut, kuat, dan mampu menyerap keringat dari kaki. Selain itu, sol dalam harus empuk dan bagian bawahnya harus dilapisi kain yang turut dijahit, bukan hanya lapisan karton untuk menutup bagian sol bawah seperti yang kerap ditemui pada sepatu murah. Jika bagian belakang sol dilapisi imitasi, pastikan yang agak lembut dan tidak terlalu kaku untuk menghindari melepuhnya kulit.

5. Sol

Sol sepatu harus lentur, cukup tebal, dan kesat. Sol yang dipilih harus cukup tebal karena sol yang terlalu tipis dapat menyebabkan benturan kaki dengan lantai tidak teredam dengan baik. Lama-lama, benturan ini bisa menimbulkan cedera.

6. Jenis Sol

Jenis sol perlu diperhatikan karena lapangan futsal di Indonesia banyak yang menggunakan rumput sintetis atau buatan. Untuk lapangan berumput buatan, sol yang digunakan harus memiliki tonjolan-tonjolan atau pull dan bahannya lebih keras dibanding sol sepatu futsal biasa.

nah udah tau kan sekarang cara memilih seoatu futsal yang bagus.
nahh sekarang gue kasih nihh referensi sepatu-sepatu futsal yang keren-keren menurut pengamatan gue. dari segi model/desaain ya guys, kalo kualitas sih soalnya tergantung yang make.

LOTTO TATTICA


LOTTO PUNTA



JOMA EXQUISTO



DIADORA TREVISO


PUMA V6.10




ADIDAS PREDATOR ADIPOWER



ADIDAS ADIQUESTRA



NIKE SHOOT III


NIKE TIEMPO NATURAL




REEBOK ALVO BLUE



berikut gue kasih list kisaran harga sepatu-sepatu futsal ORI kurang lebihnya seperti yang terpampang di list baah ini (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Merk Spec Price (IDR)
Adidas Adidas F5,9 Original
259.000
Adidas Adinova II Indoor Original
529.000
Adidas EIZERO INDOOR
389.000
Adidas F10 (F50 Adizero) TRX TF ORIGINAL
619.000
Adidas F5 ADIZERO INDOOR ORIGINAL
359.000
Adidas Heratagio V In
399.000
Adidas Predator Absolado X Original
579.000
Adidas Predito X Indoor Original
399.000
Lotto Punta TF OL ORIGINAL
240.000
Lotto Satdio Azzuri CUP DUE ID ORIGINAL
315.000
Lotto Torcida Tre Nu Id ORIGINAL
345.000
Lotto Zhero Flash TREE TF ORIGINAL
330.000
Nike VELOCI V TF ORIGINAL
329.000
Nike CTR 360 Libretto Black / White Retro Original
619.000
Nike Air Gato Original
565.000
Nike CTR 360 Enganche Original
449.000
Nike CTR 360 Libreto Blue Black Ic Original
619.000
Nike Elastico Original
499.000
Nike Elastico Pro Original
699.000
Nike Mercurial Victory Ic Original
669.000
Nike T-1 FS
449.000
Nike T-3 Original
669.000
Nike T90 SHOOT III IC Original
579.000
Nike Tiempo Mystic III IC Original
729.000
Nike Tiempo Natural III White / Seaweed / Red Original
475.000
Nike Total 90 Laser II Extra IC Original
489.000
Nike Total 90 Shoot III Neptune Blue IC Original
559.000
Nike Veloci V Fibrant Yellow ORIGINAL
459.000
Nike Veloci V Orion Blue Original Ic
519.000
Nike Victory Cactus White Original
669.000
Nike Victory IC Dark Obsidian
759.000
Puma Power Cat3.10 IT Original
599.000
Puma V4.10 Triks IT Original
459.000
Puma V5.10 IT Original
419.000
Puma V5.10 Original
449.000


berikut juga gue kasih info cara membedakan sepatu ORI atau KW atau replika
dikutip dari agan Madman25

1. Paling pertama, sepatu KW harganya jelas jauh lebih murah dari sepatu yg asli.

2. Kedua, pasti ada production date kodenya dan tulisan di tagnya jelas, ga burem, digesek kuku ga ilang. (karena banyak barang KW udh bisa buat2 tag, tapi biasanya kualitas jelek dan hurufnya gede2 )

3. Hal primitif yg sering gw lakuin, cium dalemnya sepatu karena bau lem dan material sepatu asli (hampir semua sepatu asli baunya sama, merk apapun) dengan yang KW beda banget, tapi jangan sepatu bekas yg dicium... ntar bisa pingsan gara2 baunya

4. Detail ke material, karena sekarang dah banyak sepatu KW yang canggih dari Cina, agan2 mesti teliti. Biasanya outsol bagian bawah dari sepatu KW lebih lembek kalo diteken masuk/penyok ke dalem. Atau kalau dia keras, akan keras banget, karena karetnya dicampur plastik, jadi licin dan gak elastis lagi. Khusus adidas superstar dan pro model, bagian shell depannya juga harus agak keras, karena barang palsu yang beredar di Indo shellnya lembek semua (coba deh tes). Material kulit di Adidas juga ga ada yang kulit palsu, jadi liat baik2, ato kalo bahan kanvas dan lainnya, tekstur kanvasnya rapet, kecuali bahan recycle tertentu.

5. Lebih gampang lagi, karena sepatu KW mengejar murah biasanya bagian lidah sepatu, bagian insole sepatu (tatakan yang diinjek di bagian dalem) busanya jelek banget, tipis dan ga kenyal. Khusus insole sablon logonya juga harus bagus, ga keliatan seperti sablon asal2 aja.

6. PENTING!!! Sebagian besar pasti ga ada heel protector (bagian tumit belakang sepatu seharusnya ada material pengeras, jadi kalo semua sepatu asli untuk casual dan olahraga lo teken2 bagian tumit belakang pasti agak keras dan gak lembek). Karena fungsinya buat jagain tumit biar ga gampang keseleo.

7. Kalo dah dicoba pake, coba gesekkin outsolenya ke lantai, karena kalo sepatu asli (terutama yang vulcaized sole) bakalan bunyi "ciiit..ciitt", karena kualitas grip outsolenya dari karet bagus. Kalo licin2, kayanya boleh dipertanyakan. (jangan di lantai basah ngetesnya, ntar kepeleset baru tau )

8. Khusus untuk adidas, kalo lo beli yang original, logo di lidahnya pasti yang kembang, bukan yang 3 strip berbentuk segitiga, demikian juga sebaliknya.

9. Kualitas lem, biasanya kalau barang KW, lemnya pakai yang murah, yaitu lem kuning, kadi kalo ada bekas2 lem warna coklat (karena kalo lem kuning keringnya warna coklat pucat) di sekitar bodi, apalagi masih agak lengket, dah pasti palsu. Ato kalo KWnya pake lem putih, check tingkat kerapihannya di bawah cahaya lampu, kalo beleberan banyak banget, agan tau kan bikinnya di mana....

10. Paling gampang, belinya di outlet resmi, stockist resmi, ataupun bukan di tempat2 yang mencurigakan.


sekian dulu guys semoga bermanfaat..

*cheeerrrss...

Related Post



0 comments:

Post a Comment

AVENGED SEVENFOLD 2013-2014 TOUR DATES



Tour Dates:

2014:
02/22 - Brisbane, Australia
02/23 - Sydney, Australia
02/25 - Sydney, Australia
02/26 - Melbourne, Australia
02/28 - Melbourne, Australia
03/01 - Adelaide, Australia
03/03 - Perth, Australia
03/07 - Santiago, Chile
03/09 - Buenos Aires, Argentina
03/12 - Sao Paulo, Brazil
03/14 - Rio De Janeiro, Brazil
03/16 - Brasilia, Brazil
03/19 - Curitiba, Brazil
03/21 - Porto Alegre, Brazil
03/24 - Mexico City, MX
04/12 - Dawson Creek, BC
04/13 - Prince George, BC
04/16 - Moose Jaw, SK
04/17 - Edmonton, AB
04/19 - Winnipeg, MB
04/21 - Minneapolis, MN
04/23 - Huntsville, AL
04/25 - Tampa Bay, FL
04/26 - Jacksonville, FL
04/28 - Lafayette, LA
04/30 - Hollywood, FL
05/02 - Virginia Beach, VA
05/03 - Concord, NC
05/04 - Memphis, TN
05/06 - Knoxville, TN
05/08 - Hershey, PA
05/10 - Bangor, ME
05/11 - Quebec City, QC
05/15 - Syracuse, NY
05/17 - Columbus, OH
06/04 - Lodz, Poland
06/06 - Nurnberg, Germany
06/08 - Nurnbeg, Germany
06/09 - Landgraaf, Netherlands
06/13 - Derby, England
06/15 - Nickelsdorf, Austria
06/17 - Prague, Czech Republic
06/19 - Rome, Italy
06/21 - Clisson, France
06/24 - Göteborg, Sweden
06/25 - Stavanger, Norway
06/27 - Dessel, Belgium
08/16 - Osaka, Japan
08/17 - Tokyo, Japan

 

thanks to the visitors

visitors

ngiik-ngeek's world

free counters

Follow by Email

Followers